Perlu pelatihan untuk anda dan perusahaan anda?

Pelatihan Kompetensi dan Sertifikasi Audit Teknologi Informasi (CISA) dari AAPM

Perusahaan selalu membutuhkan Teknologi Informasi (TI) dalam melangsungkan segala macam bentuk operasional kegiatan. Teknologi Informasi sangat bermanfaat bagi perusahaan terutama ketika perusaahaan tersebut dihadapkan dengan banyaknya ragam data-data penting yang dibutuhkan perusahaan. Penggunaan TI yang baik dan benar akan berguna dalam menciptakan efektifitas dan efisiensi kegiatan perusahaan. Tidak hanya itu saja, penerapan TI sebagai sarana audit dapat menghilangkan timbulnya resiko yang berkaitan dengan TI yaitu seperti kerugian akibat kehilangan data, kesalahan dalam pengambilan keputusan, resiko kebocoran data, penyalahgunaan komputer, kerugian akibat kesalahan proses perhitungan, tingginya nilai investasi perangkat keras dan perangkat lunak.

Oleh karena pentingnya peran Audit Teknologi Informasi (TI), maka  pihak auditor internal maupun eksternal korporasi, organisasi maupun institusi lainnya diharuskan menguasai keterampilan penggunaan TI. Pelatihan ini didesain sebagi bentuk pengenalan, pemahaman dan pendalaman yang utuh bagi para praktisi Teknologi Informasi maupun auditor atas audit jenis ini. Pendahuluan mengenai dasar audit, faktor pendorong lahirnya audit ini, perkembangan IT assurance, prinsip dan tujuan audit TI serta hubungannya dengan audit keuangan maupun operasional. Peran dan strategi audit TI untuk bersinergi dengan audit lainnya juga akan dibahas dalam training ini.

Ada empat pokok bahasan dalam audit TI yaitu sistem TI, aplikasi TI, pengembangan sistem dan topik audit yang sifatnya khusus. Konsep TI yang sifatnya kritikal, prasyarat pengelolaan, tehnik menganalisa resiko, dan konsep audit merupakan hal lain yang tidak kalah penting. Menguasai tehnik untuk mengidentifikasi prasyarat operasional dan pengendalian sistem TI, menganalisa control objectives dan jenis pengendalian lainnya, mengevaluasi desain pengendalian dan memahami bukti audit dan informasi pendukung lainnya adalah kompetensi yang wajib dikuasai oleh para auditor TI.

Pelatihan ini selain memberikan eskalasi kompetensi metodologis dan manajemen, juga memberikan bekal bagi para peserta guna tercapainya pengakuan (recognition) profesional di bidang Audit Teknologi informasi, melalui sertifikasi profesional (professional certification) yang diselenggarakan oleh lembaga sertifikasi profesi internasional : The American Academy of Project Management, yang berpusat di Colorado Spring-Amerika Serikat; dan informasi mengenai lembaga profesi dan sertifikasi ini dapat di lihat di: www.certifiedprojectmanager.us/board/html. Sertifikat profesi IT Business Analyst yang diberikan diakreditasi dan diakui oleh lembaga-lembaga akreditasi Internasional seperti: IBS, ANSI, NOCA, ISBE, ICE.

Tujuan Pelatihan Kompetensi dan Sertifikasi Audit Teknologi Informasi (CISA) dari AAPM

• Memahami konsep dan pratek audit TI.
• Mengetahui perbedaan dan pentingnya audit pengendalian umum dan pengendalian aplikasi.
• Menguasai kompetensi bagaimana mengimplementasikan pengendalian internal untuk mengevaluasi integritas, keamanan dan ketersediaan sistem TI.
• Memahami pentingnya TI untuk mencapai tujuan organisasi.
• Memastikan pengendalian didesain, diimplementasikan dan diawasi untuk menciptakan sistem yang aman dengan integritas dan ketersediaan yang tinggi.

Peserta Pelatihan Kompetensi dan Sertifikasi Audit Teknologi Informasi (CISA) dari AAPM

Pelatihan ini dapat diikuti oleh mereka yang berprofesi dan tertarik pada bidang audit teknologi informasi sepert: Staff, Officer, Programmer, Analis Sistem, Administrator Jaringan, Supervisor, Auditor IT, Auditor Internal, Assistant Manager dan Manager yang ingin mengetahui, memahami, memperbaiki dan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pada bidang audit Teknologi Informasi.

Selama pelatihan para peserta akan mempelajari tentang peran IT Auditor dan skills/techniques utama melalui kombinasi presentasi yang disampaikan oleh trainer yang berpengalaman dan bersertifikasi internasional serta dilengkapi dengan kegiatan practical workshop dalam menyelesaikan exercises dan case study yang disampaikan secara sistematik. Bahan pelatihan ini seluruhnya disesuaikan dengan standard American Academy of Project Management.

Setelah mengikuti pelatihan ini, maka Para Peserta akan mendapatkan pengetahuan dan skill Business Analysis, khususnya:
• Memperoleh pemahaman tentang tentang dan nilai dari suatu proses audit teknologi informasi
• Memahami the key knowledge, tools, techniques & skills dari seorang IT Audit
• Memperoleh skill tentang planning dan estimating untuk kegiatan audit teknologi informasi
• Mendapatkan pemahaman bagaimana menyusun audit Requirements dan audit Management Plan termasuk the aspek-aspek penting lainnya
• Memahami tehnik-tehnik yang berbeda tentang requirements elicitation di dalam audit teknologi informasi
• Memperoleh pemahaman tentang requirements analysis dan documentation termasuk requirements modelling techniques
• Memahami bagaimana requirements digunakan untuk solution assessment dan validation
• Mengerti tentang pentingnya requirement management & communication throughout IT auditing cycle

Selain dari pada tujuan-tujuan di atas, dengan berhasilnya suatu pelaksanaan pelatihan kompentensi yang terencana dalam suatu penjenjangan (roadmap) yang berkelanjutan, akan berdampak kondusif terhadap tercapainya tujuan organisasi dimana para profesional bekerja, hal ini ditunjukkan dengan dihasilkannya kinerja servis TI yang sesuai dengan ekspektasi pimpinan dan tercapainya tujuan organisasi khususnya terkait assurance dan IT governance.

Peningkatan wawasan dan kompetensi audit TI para profesional, akan sangat konstruktif bagi tercapainya kondisi tata kelola TI yang baik. Sedemikian rupa dapat mengurangi (mitigation) atas resiko (risk) kegagalan dan inefisiensi, serta computer fraud didalam pelaksanaan kegiatan organisasi, yang terjadi utamanya akibat dari terjadinya perubahan-perubahan (changes) akibat dari kondisi dinamis baik internal maupun eksternal organisasi.

Metode Pelatihan Kompetensi dan Sertifikasi Audit Teknologi Informasi (CISA) dari AAPM

Model pelatihan Business Analyst yang diusulkan adalah pelatihan yang bersifat praktikal dalam melaksanakan kegiatan operasional dan manajemen servis TI.

Pelatihan ini dirancang sedemikian rupa utuk mendukung para profesional dalam mendapatkan wawasan yang utuh mengenai audit teknologi informasi. Pelatihan akan membahas secara terinci topik-topik berkaitan dengan dasar-dasar audit dan tata kelola TI yang baik (good information technology management service governance), yang didasarkan pada Best Practice seperti yang digambarkan pada gambar di bawah ini:

Pada pelatihan ini akan menekankan pada diskusi dan latihan-latihan yang berhubungan dengan mekanisme IT audit dan peserta akan dilibatkan dalam diskusi yang terkait dengan audit sistem informasi yang efektif.

Peserta diharapkan akan memilki kemampuan dalam mengidentifikasi dan menerapkan mekanisme dan kebijakan dan standard yang terkait kegiatan audit TI terkait dengan pembangunan sistem informasi.

Pelaksanaan Pelatihan Kompetensi dan Sertifikasi Audit Teknologi Informasi (CISA) dari AAPM

Pelaksanaa pelatihan kompetensi audit teknologi informasi yang dapat dilakukan dengan cara Inhouse training dengan jadwal waktu yang tersedia dan yang telah disepakati.
Penentuan peserta yang akan mengikuti pelatihan yang dapat disesuaikan dengan beberapa hal sebagai berikut:

• Kebutuhan akan kompetensi audit teknologi informasidan tata kelola proyek guna menunjang kegiatan operasional pelaksanaan audit TI perusahaan maupun pada klien perusahaan dimana profesional bekerja, baik kompetensi yang bersifat metodologis prosedural maupun manajemen

• Peningkatan kompetensi dan keterampilan audit teknologi informasi sesuai dengan program peningkatan kualitas sumberdaya khususnya bagi profesional yang berkaitan dengan bidang tata kelola teknologi informasi

• Persiapan dalam rangka mengikuti sertifikasi internasional sesuai dengan tingkat kompetensi audit teknologi informasi yang dimiliki oleh seorang profesional

Setelah mengikuti pelatihan audit teknologi informasi yang dilanjutkan dengan sertifikasi, seorang peserta dapat diberikan sertifikat CIISA sebagai bukti kompetensi dan profesionalisme di dalam bidang IT audit dengan kualifikasi standar internasional; dimana sertifikasi yang dimiliki berlaku dan diakui di manca negara.

Biaya Pelaksanaan Pelatihan

Biaya pelaksanaan pelatihan Audit TI sesuai yang disepakati antara pihak manajemen lembaga dimana profesional berada, dengan pihak fasilitator training, dengan demikian akan menjaga kesinambugan yang efektif dari proses perencanaan dan pelaksanan pelatihan kompetensi yang bermanfaat bagi profesional secara menyeluruh (comprehensive).

Besarnya biaya pelaksanaan pelatihan audit teknologi informasi sebagai berikut:

Durasi : Tiga hari
Waktu : 09.00- 16.30
Pre-requisite : None
Skedul : Disesuaikan
Lokasi : Jakarta
Biaya Pelatihan : ditentukan bersama
Biaya Sertifikasi : Rp. 4.000.000 (Empat Juta Rupiah) per peserta

Biaya di atas untuk penyelenggaraan yang diadakan di tempat peserta (in House Training), biaya di atas tidak termasuk penggandaan materi pelatihan dan pajak.

Penutup

Para profesional sebagai sumber daya teknologi informasi, diharapkan setelah pelatihan ini akan menjadi staf yang handal dengan kemampuan dan kapasitas pengembangan kompetensi di bidang audit teknologi informasi yang tinggi, dan akan sangat menunjang dalam pencapaian tujuan organisasi dimana mereka bekerja, hal ini dapat diwujudkan dengan dimilikinya perencanaan pelatihan yang terpadu dan sistematik; serta dalam ruang lingkup yang standar dan mengarah pada tercapainya standar profesional bertaraf internasional dengan sertfikasi internasional pula.

Usulan program pelatihan kompetensi audit teknologi informasi yang disampaikan pada proposal ini, kiranya dapat dipertimbangkan sebagai salah satu acuan di dalam mengembangkan program peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya bagi karyawan dan mereka para profesional, khususnya sumberdaya terkait peran audit teknologi informasi perannya dirasakan sangat penting sesuai dengan dinamika perkembangan dan pertumbuhan pelaksanaan program-program audit teknologi dan sistem informasi di lingkungan organisasi.

Kami sangat mengharapkan adanya kerjasama dalam pelaksanaan pelatihan peningkatan kompetensi audit teknologi informasi lingkungan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, semoga kami dapat membantu pencapaian tujuan-tujuan peningkatan kompetensi di bidang audit teknologi informasi dan tata kelola TI yang diharapkan.

Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpim dapat selalu berkembang dan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada seluruh pelanggan , dan dimilikinya staf perusahaan yang lebih kompeten dalam bidang teknologi informasi .

Fasilitator dan Profil Lembaga

Fauzi HasanDr. Ir. Fauzi Hasan MM, MBA, MPM, PMP, Prince-2
AAPM ® Global & Presidential Board & Advisory Council
Dr. Fauzi Hasan Pada saat ini adalah President American Academy untuk Chapter Indonesia yang melingkupi American Academy of Project Management dan American Academy of Finance Management yang berpusasat di Colorado Spring, Colorado USA.

Dr. Fauzi Hasan memiliki eksposur industri dan cakupan pengalaman implementasi berada dalam lingkup perusahaan berbasis teknologi tingkat menengah sampai industri berbasis padat teknologi tinggi khususnya terkait ICT (Information Communication Technology) dengan spektrum service delivery yang luas dan platform teknologi yang sesuai kebutuhan proses bisnis. Memiliki pengalaman yang luas dan hampir 30 tahun di industri teknologi informasi dan terlibat di dalam manajemen proyek dengan lingkup industri yang luas seperti: Bank, Telekomunikasi, Minyak dan Gas, Manufacturing dan Banks.
Pengalaman Dr. Fauzi Hasan diperkaya dengan keterlibatannya pada beberapa proyek terkait Business Process Modeling dan Improvement yang selaras dengan standard dan metodologi CMMI (Capability Maturity Model and Integration), dimana dalam akhir dekade ini banyak membantu organisasi Pemerintah dan Bank dalam membangun dan mengimplementasi Crisis Management Strategy seperti pembuatan BCP (Business Continuity Plan) dan DRP (Disaster Recovery Plan).

Dr. Fauzi Hasan telah memberikan kontribusi langsung untuk penyelesaian dan keberhasilan penerapan Frameworks dan Best Practices seperti: ITIL, COBIT, PMBOK, Prince2, TOGAF, ISO 20000, ISO 27000, ISO 38500, COSO dan yang lain diberbagai bidang industri. Sebagai seorang profesioal yang kompeten di bidang teknologi informasi, manajemen proyek dan proses bisnis ini dibuktikan dengan dimilikinya sejumlah sertifikat Internasional terkait tata kelola teknologi informasi dan industri (IT and Industrial Goverannce).

Dr. Fauzi Hasan juga memberikan konsultasi dan advisori (Consulting and Advisory) di bidang penerapan teknologi khususnya teknologi informasi dan pengembangan business (Business Clinics), juga memberikan jasa konsultasi yang terkait untuk Supply Chain Management, keamanan TI dan tata kelola, pemodelan proses bisnis, audit TI, manajemen rantai pasokan (supply chain management), dan manajemen pemulihan bencana; kepada klien-klien yang berada di Asia Pasifik. Dr.Fauzi Hasan adalah seorang profesional yang berdedikasi di bidang teknologi informasi dan kaya dengan pengalaman praktis dan kerangka kerja yang efektif yang tercermin dalam praktek konseptual, pelaksanaan dan pemetaan solusi pada beragam industri.

Dr. Fauzi Hasan telah ditunjuk sebagai principal trainer bagi berbagai organisasi pelatihan Internasional seperti EXIN, ISACA, EC-Council, American Academy dan lain sebagainya. Kualifikasi sebagai pengajar ditunjukkan dengan dimilikinya sertifikasi internasional Approved Trainer ITIL, dan sebagai implementor ITIL ditujukkan dengan dimilikinya sertifikat internasional ITIL Expert.

Dr. Fauzi Hasan adalah pengajar (dosen) senior untuk Tata Kelola TI (IT Governance) di program pasca sarjana Universitas Indonesia di Jakarta dan beberapa universitas di Indonesia lainnya dan di Asia Pasifik, dan terlibat dalam beberapa proyek besar di beberapa negara (Saudi Telecommunication Services) di Riyadh, Orascom di Mesir, dan beberapa lainnya di Asia Pasifik, dan termasuk BUMN besar dan bank swasta di Indonesia (Pertamina, Bank Danamon, dll,), Komisi Yudisial RI, Kominfo, BKPM dan lainnya.

Dia memiliki eksposur yang ekstensif dan pada business process re-engineering, pemodelan dan implementasi teknologi informasi, demikian juga memiliki spesialisasi dalam Enterprise Resource Planning (ERP) dan jaringan telekomunikasi.

Dr. Fauzi Hasan dalam karirnya sebagai executive telah bekerja di beberapa perusahaan lokal maupun internasional seperti: Philips Netherlands, Sony , Warner Lambert, Singapore Technology Logistics, Hewlett-Packard, EMTEK Group, Intergraph, Jatis eCom-Sumitomo Group, dan ERESHA Group. Bidang dan proses bisnis yang digeluti selama ini tidak terbatas pada bidang-bidang (areas):
Logistics and supply chain management, Information technology, Materials management, Business development, Sales, Marketing, Business Process Re-engineering, Information System Security Management, business process and business modeling, Security Architecture, Enterprise Architechture, IT Audit, IT Service Management, Project Management, ISO Mapping and Implementation.

You might also likeclose